Indahnya Ujian Kehidupan

Salah satu bentuk-bentuk kasih sayang Allah SWT :
1. Tidak diberikannya apa yang kita inginkan.
Sangat mudah bagi Allah SWT untuk memberikan apa yang kita minta. Tapi Allah tahu, apa yg kita inginkan tersebut bisa menjadi pesaing Allah dihati kita, bahkan bisa membuat kita menuhankan sesuatu tersebut.

2. Saat dililit kesulitan.
Biasanya ketika dalam kondisi yang sulit, justru kita bisa merasakan kelapangan dari Allah. Allah sengaja menghilangkan nikmat dunia kita, agar kita bisa bersyukur ke Allah, selalu ingat ke Allah, dan lepas bersandar kepada selain Allah.

Sa’ad bin Abi Waqqash berkata, ”Aku bertanya kepada Rasulullah saw, ”Ya Rasulullah, siapakah orang yang paling berat ujian dan cobaannya?” Nabi saw menjawab, ”Para nabi kemudian yang meniru (menyerupai) mereka dan yang meniru (menyerupai) mereka. Seseorang diuji menurut kadar agamanya. Kalau agamanya tipis (lemah) dia diuji sesuai dengan itu (ringan) dan bila imannya kokoh dia diuji sesuai itu (keras). Seorang diuji terus-menerus sehingga dia berjalan di muka bumi bersih dari dosa-dosa. (HR. Bukhari)
Seorang hamba memiliki suatu derajat di surga. Ketika dia tidak dapat mencapainya dengan amal-amal kebaikannya maka Allah menguji dan mencobanya agar dia mencapai derajat itu. (HR. Ath-Thabrani)
3. Selalu ditegur Allah SWT.
Bila kita hendak melakukan perbuatan dosa, namun selalu terhalangi dengan adanya teguran-teguran dari Allah, maka sesungguhnya hal tersebut menunjukkan kasih sayang Allah kepada kita.

Ciri-ciri orang yang diberi taufik oleh Allah SWT:
1. Dipersulit berbuat maksiat
2. Dimudahkan taat, walaupun hati terasa sangat malas.
3. Dikondisikan oleh Allah terus ada keperluan dengan Allah, sehingga selalu mengadu kepada Allah.
(Aa Gym)

Ujian kehidupan, memang terasa berat dijalani bila kita tidak memahami makna dibalik ujian itu sendiri. Bila dengan diberikannya ujian tsb, membuat kita selalu dan selalu mengingat Allah dan semakin terasa dekat denganNya, sudah sepatutnya kita bersyukur kepada Allah, berterima kasih kepadaNya, karna Allah telah menyelamatkan diri kita dan melindungi diri kita dari perbuatan2 dosa.


Kontribusi oleh @islamkitaindah

Previous
Next Post »